BeritaUtama

Asesmen Lapangan Daring Akreditasi Perguruan Tinggi Di AKBMB

Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012. Dalam rangka pelaksanaan Akreditasi Institusi Tahun 2021, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi telah melaksanakan asesmen lapangan secara daring terhadap Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan dengan menugaskan Dr. Mufdlilah, SPd., S.SiT., M.Sc dari Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan Noviyanti, SST., M.Keb., MH.Kes dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani sebagai Tim Asesor BAN-PT yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 Februari 2021.

Dalam keadaan normal, kegiatan asesmen lapangan dilakukan oleh asesor dengan mengunjungi lokasi Perguruan Tinggi (face to face mode) dengan jadwal dan agenda kegiatan sesuai dengan ketentuan instrumen akreditasi yang digunakan. Namun sejak wabah COVID-19 kunjungan ke Perguruan Tinggi tidak dapat dilakukan maka Dewan Eksekutif BAN-PT mengambil langkah untuk melaksanakan asesmen lapangan secara daring.

Kegiatan asesmen dilakukan dua hari secara virtual melalui zoom meeting. Kegiatan hari pertama dimulai dengan pembukaan berisi pengenalan panel asesor, pembacaan pernyataan dan penandatangan Pernyataan Asesmen Lapangan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi bersama pimpinan Perguruan Tinggi (PT), sesi dengan Pelaksana Penjaminan Mutu Internal (SPMI), sesi dengan (middle) Manajemen PT. Kegiatan istirahat selama 1 jam untuk ISHOMA dari pukul 12.00 – 13.00 WIB dan kemudian dilanjutkan Konfirmasi Data LKPT dan hari pertama diakhiri dengan sesi bersama Tim Akreditasi.

Hari kedua AL diisi sesi dengan alumni dan pengguna eksternal, sesi dengan dosen, sesi dengan tenaga kependidikan, sesi dengan mahasiswa, kerja mandiri asesor, dan sesi dengan tim akreditasi. Kegiatan ditutup oleh asesor dan dilanjutkan kata-kata penutup oleh Senat dan Direktur AKBMB.

Seluruh civitas akademikan AKBMB berharap hasil akreditasi yang maksimal dari BAN-PT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *