Dosen, Tenaga Kependidikan dan Penunjang

Dosen di Akademi Kebidanan Borneo Medistra sesuai tuntutan dari   Kemenristek Dikti mengacu pada Standart Nasional Perguruan Tinggi memiliki kualitas Magister dengan ratio dosen : mahasiswa 1 : 6 -7 serta  beban kerja 12 SKS meliputi Tri Dharma perguruan Tinggi. Tenaga pengajar AKBMB terdiri dari :

  1. Dosen tetap adalah dosen yang telah menyatakan kesediannya bekerja secara penuh waktu dan telah diangkat berdasarkan Surat Keputusan Ketua Yayasan Pendidikan Borneo Medistra.
  2. Dosen Tidak Tetap adalah dosen yang telah menyatakan bekerja secara paruh waktu dan telah diangkat berdasarkan Surat Keputusan Ketua Yayasan Pendidikan Borneo Medistra.
  3. Dosen dipekerjakan adalah dosen negeri yang diangkat oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang akan diusulkan melalui Kopertis Wilayah Kalimantan untuk ditempatkan di AKBMB.
  4. Dosen dipekerjakan adalah dosen negeri yang diangkat oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang akan diusulkan melalui Kopertis Wilayah Kalimantan untuk ditempatkan di AKBMB

Tabel 1. Rincian Tenaga Pengajar dan Staf Pegawai AKBMB

  1. Daftar Nama Pengajar
  2. No Nama NIDN
    1 Nila Trisna Yulianti, S.Si.T., M.Keb 1128078903
    2 Karnilan Lestari Ningsi Sam, S.ST., M.Keb 1130069401
    3 Dewi Ari Sasanti, S.ST., M.Kes 0717128701
    4 Istiqomah, S.Si.T., M.Kes 2018100101
    5 Nurhayati Wahyu Trianingsih, S.ST., M.Kes 1118077703
    6 Heni Elmiani Sari, S.ST., MPH 1113108902
    7 Eny Mayasari Dewi, S.Si.T., M.Kes 1102108501
    8 Ayu Pratiwi, S.ST., M.Kes 1105078705
    9 Wenny Wahyuni, S.ST., M.Kes 0218028901
    10 Karunia Wijayanti, S.Keb., Bd 2017010401

  3. Daftar Nama Tenaga Kependidikan
  4. No Nama Jabatan
    1 Dwi Cahyo Akbar, S.I.Kom WADIR II
    2 Juanita Indah Asdani, S.M BAAK & BAUK
    3 Kartika Intan Suryani, S.Hum PJ. Perpustakaan
    4 Rivan Hadinata Putra, S.Kom PJ. Lab Kom & IT
    5 Suriyah Bag. Sarana Prasarana
    6 Sugito Keamanan
    7 Sugiharto Keamanan
    8 Hengki Mochammad Sjafril Keamanan & Transportasi
    9 Saryono Kebersihan

Dari keseluruhan tenaga pengajar yang dimanfaatkan pada AKBMB, dalam pembagiaan dan penyebaran mata kuliah yang akan diasuh, akan lebih banyak kepada Dosen Tetap. Hal ini dilakukan agar sejak awal telah dibangun jiwa kemandirian dan menjamin kelancaran proses belajar mengajar sehingga nantinya diharapkan proses transfer of science, transfer of knowledge maupun transfer of skill dapat berlangsung dengan baik dan terarah, demi terciptanya lulusan yang bermutu tinggi bagi pembangunan bangsa dan Negara.

Sumber daya meliputi civitas akademika akan terus dikembangkan untuk menunjang pencapaian Visi : “ Menjadi Institusi yang unggul di bidang kesehatan pada tahun 2027 dengan mengedepankan kualitas dan profesionalisme guna menghasilkan lulusan yang berkarakter, berjiwa entrepreneur, dan memiliki kompetensi di bidang kesehatan serta mampu bersaing di dunia kerja“ dengan :

  1. Memberi kesempatan bagi dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai peminatan dan berhubungan dengan mata kuliah yang diasuh guna meningkatkan wawasan keilmuan para dosen.
  2. Mendorong dan memberi bantuan dana bagi dosen untuk mengikuti lokakarya, workshop ataupun pelatihan yang ada hubungannya dengan kebidanan serta keterampilan mengajar baik di dalam maupun di luar negeri.
  3. Memberi kesempatan kepada dosen mengadakan studi banding ke institusi penyelenggara pendidikan kesehatan baik di dalam maupun di luar negeri guna menambah wawasan tentang pengelolaan akademik dan klinik (profesi).